Penanganan Hasil Foto Udara

  • Post Pocessing hasil foto udara FARM-Mapper

Pemotretan foto udara menggunakan FARM-Mapper, dalam sekali penerbangan dapat dihasilkan ratusan hingga ribuan jumlah file foto.  Karena itu diperlukan penganganan lebih lanjut untuk menggabungkan foto-foto tersebut sehingga dapat menjadi satu peta orthofoto yang dapat digunakan sebagai sumber data.

Terdapat beberapa aplikasi komputer yang dapat bisa digunakan untuk menggabungkan foto-foto tersebut.  Sebagian dari aplikasi tersebut bisa digunakan untuk memproduksi orthofoto dan sebagian lainnya lagi tidak. Salah satu aplikasi tidak berbayar yang dapat digunakan adalah OpenDroneMap. Dengan menggunakan aplikasi tersebut anda dapat memproses hasil foto-foto anda yang telah dilengkapi dengan koordinat geografis (Untuk melengkapi data foto dengan koordinat geografis, dapat anda baca disini). Proses yang dapat dilakukan adalah :

  1. Point Clouds
  2. Digital Surface Model
  3. Textured Digital Surface Models,
  4. Orthorectified Imagery.

Untuk kedapannya aplikasi tersebut akan dikembangkan  dan dapat digunakan untuk proses Classified Point Clouds dan Digital Elevation Models. Klik disini untuk menginstall dan langkah-langkah OpenDroneMap. Proses ini akan menghasilkan Orthophoto yang memiliki referensi geografis sehingga dapat digunakan sebagai sumber peta.

Tahap selanjutnya, proses pembuatan peta dapat dilakukan dengan menggunakan QGIS. Aplikasi ini gratis dan Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut disini. Dengan menggunakan QGIS anda dapat menggunakan berbagai sumber data untuk keperluan pembuatan peta, salah satunya adalah dengan menggunakan hasil Foto udara dengan FARM-Mapper dan Google Maps.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *