Pengayaan Informasi Peta Foto Udara dengan OpenLayer

  • Penggabungan antara hasil foto FARM-Mapper dengan Google Maps

Aplikasi seperti Quantum GIS (QGIS) memungkinkan kita memperkaya informasi pada peta foto udara yang dihasilkan dari FARM-Mapper.  Misalnya dengan menambahkan informasi lokasi seperti nama jalan, nama tempat atau obyek-obyek lainnya.  Quantum GIS menyediakan plugin yang memungkinkan kita mengakses secara langsung sumber-sumber data eksternal dan memadukannya dengan peta foto udara, misalnya data dari OpenStreetMap.

Sebelum mencoba langkah-langkah berikut, anda harus memasang plugin OpenLayer terlebih dulu.   Pemasangan dapat dilakukan dengan mengakses menu Plugin>Manage and Install Plugin.  Komputer harus tersambung ke Internet karena aplikasi QGIS akan mengunduh daftar plugin yang tersedia dan plugin yang dipilih.  Setelah jendela pemasangan plugin ditampilkan, cari dan pilih untuk memasang plugin OpenLayer dan tunggu sampai pemasangan selesai.  Setelah selesai mengunduh, QGIS akan secara otomatis mengaktifkan plugin tersebut yang bisa diakses dari menu Web.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memadukan peta foto udara dari FARM-Mapper dengan informasi dari OpenStreetMap.

  1. Buat sebuah project baru di QGIS
  2. Buka peta foto udara dengan menu Layer>Add Raster Layer… lalu pilih file peta foto udara anda.  (Untuk latihan bisa menggunakan data contoh dari sini).
  3. Definisikan CRS (Coordinate Reference System) layer foto udara dari jendela yang dapat diakses melalui menu Layer>Properties… pada tab General.  (Peta foto udara yang disertakan dalam tutorial ini memiliki sistem koordinat geografis datum WGS84 atau kode EPSG:4326)
  4. Jika QGIS belum menampilkan peta foto udara anda, lakukan perbesaran dengan memilih layer foto udara diikuti klik kanan dan memilih
  5. Buka layer OpenStreetMap melalui menu Web>Open Layers Plugin…>OpenStreetMap. (Komputer harus tersambung dengan Internet untuk dapat membuka data OpenStreetMap.
  6. Setelah ditampilkan, maka anda dapat membuat layer jenis point baru. Buat  field atribut nama obyek pada layer baru tersebut.  Selanjutnya anda dapat menambahkan titik-titik baru berikut nama obyek pada lokasi titik tersebut. (Nama obyek bersesuaian dengan yang ditampilkan oleh OpenStreetMap.
  7. Jika anda menon-aktifkan layer OpenStreetMap, maka anda akan melihat titik-titik yang anda buat tadi berada di atas peta foto udara anda.
  8. Aktifkan fitur label dari data titik yang anda buat dan memilih field nama obyek sebagai sumber data label. Hasilnya, anda akan melihat peta foto udara yang dilengkapi dengan nama-nama obyek yang telah anda buat.
  9. Anda dapat menggunakan sumber data yang lain yang disediakan oleh plugin Open Layers sebagai sumber informasi – antara lain:
  • Open Street Map
  • Google Maps
  • Bing Maps
  • Map Quest
  • Apple Maps
  • OSM/Stamen.

Cara lain yang dapat ditempuh adalah dengan mengunduh langsung data OpenStreetMap mengikuti tutorial ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *