Menangani Peta Foto Udara Dengan QGIS

Sangat mungkin terjadi kita harus memetakan area yang luas dengan FARM-Mapper, karenanya diperlukan menyusun beberapa misi terbang (flight mission).  Pekerjaan yang demikian normalnya akan menghasilkan beberapa peta foto udara.  Atau bisa juga terjadi kita harus memadukan beberapa foto udara yang diambil dari waktu-waktu yang berbeda atau menangani peta foto udara yang dibuat dengan FARM-Mapper bersama dengan peta yang dihasilkan pihak lain.  Dalam hal situasi seperti itu maka diperlukan beberapa hal, yaitu:

  • memadukan peta foto udara dengan sistem koordinat yang berbeda
  • menggabungkan beberapa peta foto udara menjadi satu kesatuan
  • menurunkan data vektor dari peta foto udara

Menangani Sistem Koordinat

Peta foto udara yang disusun dari foto-foto yang diambil dengan FARM-Mapper dimungkinkan memiliki referensi geografis (lihat: Bagaimana menyusun peta foto udara yang memiliki referensi geografis).  Dalam Quantum GIS, peta foto udara kita diperlakukan sebagaimana data raster pada umumnya.  Kita harus memberitahu QGIS sistem koordinat (Coordinate Reference System-CRS) apa yang digunakan pada peta foto udara kita.  Sebagaimana data raster yang lain, kita juga dapat mengatur bagaimana tampilan peta foto udara kita, baik di layar monitor maupun di printer (menu: Layer>Properties…)

Apapun format peta foto udara kita atau sistem koordinatnya, sangat mudah memadukannya dengan data lain dalam sebuah proyek QGIS.  QGIS memiliki fitur istimewa untuk menangani berbagai data yang berbeda, baik jenis maupun sistem koordinatnya.  Yang perlu dilakukan hanyalah memberi tanda pada pilihan  “Enable ‘on the fly’ CRS transformation” yang terdapat pada jendela  Project Properties  (menu: Project>Project Properties…).  Abrakadabra! Apapun sistem koordinat dari data yang anda gunakan, semuanya akan diproyeksikan ke dalam SATU sistem koordinat yang sama.  Seolah-olah mereka itu memiliki sistem koordinat yang sama – tanpa ada perubahan sistem koordinat asli dari masing-masing data.  Hal ini berlaku, jika kita mendefinisikan CRS masing-masing data dengan tepat.

QGIS OTF

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *